anak_bermain



Artikel ini telah terbit di detik[dot]com dengan judul : Ini Daftar Gangguan Bicara yang Bisa Terjadi Pada Anak

Gangguan bicara pada anak sebagian besar disebabkan karena kurangnya stimulasi. Dokter mengatakan kurangnya stimulasi membuat anak rentan telat bicara, atau yang dalam istilah kedokteran dikenal sebagai speech delay
 "Dari pengalaman saya sih yang paling banyak dikeluhkan orangtua adalah speech delay alias telat bicara. Banyak orang tua yang membawa anaknya setelah berusia 2 tahun karena belum bisa bicara apa-apa selain mama atau papa," tutur dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya kepada detikHealth dan ditulis Rabu (16/9/2015). 
dr Meta mengatakan speech delay biasanya terjadi karena anak kurang diajak ngobrol, lebih sering nonton tv dan main gadget, atau tumbuh di keluarga yang bilingual (dua bahasa). Kurangnya interaksi ini membuat anak sulit mengembangkan kemampuan bicara.

Dihubungi terpisah, terapis wicara dari RS Harapan Kita, Rita Rahmawati A.md. TW, S.Pd, mengatakan ada beberapa jenis gangguan bicara yang dikelompokkan berdasarkan penyebabnya. Ada gangguan bicara akibat lingkungan, ada juga yang memang merupakan bawaan lahir. Beberapa gangguan bicara tersebut antara lain: 
a) Gangguan bicara karena faktor kongenital
b) Gangguan bicara karena hilang fungsi pendengaran disebut disaudia (pada anak - anak tuna rungu) 
c) Gangguan bicara karena kelainan fungsi neuromuskuler disebut disartria (biasa pada anak cerebal palsy
d) Gangguan bicara karena kelainan struktur organ bicara disebut disglosia ( biasa pada anak CBL, tounge tie/tali lidah pendek, mal oklusi) 
e) Gangguan bicara karena tingkat kecerdasan yang kurang disebut dislogia (biasa pada anak down syndrom, anak-anak dengan keterbelakangan mental ) 
f) Gangguan bicara karena lingkungan dislalia (anak yang cadel, sulit bicara) 
g) Gangguan irama kelancaran (stuttering dan cluttering) biasa pada anak gagap dan anak yg bicara terlalu cepat 

Untuk mengatasinya, sangat tergantung kepada penyebab. Jika gangguan bicara terjadi karena faktor kongenital atau bawaan lahir, maka harus meminta bantuan ke dokter. Namun jika gangguan terjadi akibat faktor lingkungan bisa diatasi dengan memberikan pendidikan ke orang tuanya. "Gangguan bicara karena faktor lingkungan dapat mengatasinya dengan cara mencegahnya terlebih dahulu dan memulai pola asuh yang tepat agar anak tidak mengalami keterlambatan bicara," pungkasnya.

(mrs/up)

sumber : https://health.detik.com/ulasan-khas/d-3020239/ini-daftar-gangguan-bicara-yang-bisa-terjadi-pada-anak
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top